Minggu, 08 Februari 2009

Membuat Jaringan Komputer (LAN)

LAN adalah Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil,seperti jaringan komputer kampus,gedung,kantor,dalam rumah,sekolahatau yang lebih kecil.Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.

LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut:
1.Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
2.Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
2.Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operataor telekomunikasi

Manfaat Jaringan Komputer(LAN):
1.Resource Sharing,dapat menggunakan sumber daya yang ada bersama-sama
2.Reliabilitas tinggi,dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan.
3.Menghemat uang,komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar.

Untuk membuat sebuah jaringan komputer kecil (LAN),ada beberapa perlatan dan bahan yang kita butuhkan sebagai berikut:
1.Lan Tester
2.Tang Cramping
3.Kabel UTP(Unshielded Twisted Pair)
4.Connector RJ45
5.Switch-hub
6.Min 2 buah PC (Personal Computer)

Untuk memudahkan dalam menghapal susunan kabel ,kita basa gunakan salah satu cara yang saya pakai ,yaitu STRAIGHT->OBHC kalau CROSS->HBOC.STRAIGHT->OBHC.
O->putih orange-putih
B->putih hijau-biru
H->putih biru -hijau
C->putih coklat-coklat

Jika anda memiliki cara yang lain silahkan diterapkan .kemudian silahkan setiap ujungnya diujicoba menggunakan lan tester.kalau lampu menyala sesuai yang diharapkan ,maka anda telah berhasil dalam proses cramping.Silahkan di pasang pada lan card PC anda.Untuk mengatur IP maka yang kita pikirkan adalah beberapa no group IP yang digunakan pada lan anda.
Jika anda sudah mengatur no IP,anda bisa mengecek apakah komputer anda sudah bisa berkomunikasai dengan komputer lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates